338s – Kans Timnas Inggris menjuarai Piala Dunia 2018 semakin terbuka setelah memastikan diri tampil menghadapi Kroasia di semifinal, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Kiper legendaris Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966, Gordon Banks, menyindir Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA)  supaya memperlakukan tim besutan Gareth Southgate dengan layak jika berhasil menjadi kampiun di Rusia.

Timnas Inggris Berpeluang Juara Kiper Legendaris Sindir FA

Gordon Banks yang saat ini sudah berusia 80 tahun merasa yakin Harry Kane dan kawan-kawan bisa menyamai prestasi tim asuhan Sir Alf Ramsey pada 1966. Namun, dia kemudian terkenang dengan perlakuan FA terhadap tim Inggris di Piala Dunia 2016, yang menurutnya kurang layak. Dia merasa saat itu kurang dihargai oleh otoritas sepak bola Rusia itu.

Saya berharap jika berhasil, mereka bisa merasa lebih dihargai oleh FA ketimbang yang kami rasakan. Sudah seharusnya mereka mendapatkan itu karena mereka layak mendapatkannya. FA Tidak melakukan apa pun untuk kami dulu,” ujar Gordon Banks kepada Daily Telegraph, Selasa (10/7/2018).

“Saya merasa sangat kecewa dengan FA dan apa yang mereka lakukan kepada kami. Kami dulu biasa berkumpul bersama yang diatur oleh Geoff Hurst. Kami melakukannya selama bertahun-tahun, tapi banyak hal yang terjadi kepada para pemain itu saat ini. Beberapa ada yang menderita Alzheimer, beberapa lainnya hilang. Geoff harus menghentikan pertemuan dan kami merasa sedih,” lanjutnya.

Kekecewaan Banks juga tak terlepas dari ketidakpedulian FA terhadap para legenda Timnas Inggris yang menjadi juara Piala Dunia 1966. Bahkan, ia tak yakin FA akan mengundang para legenda jika Inggris mencapai final Piala Dunia 2018. Dia juga mengaku datang ke pengundian Piala Dunia 2018 atas undangan FIFA, bukan dari FA.

“Saya tidak yakin apakah saya akan diundang ke final di Rusia jika Timnas Inggris sampai ke sana. Saya tentu ingin hadir. Namun, FIFA yang mengatur kehadiran saya ketika ada undian Piala Dunia,” ujarnya.

(Total kunjungan 1 kali, 1 kunjungan hari ini.)